Kamis, 23 Oktober 2014

EFEKTIFKAH KULIAH HARI SABTU, YANG SEHARUSNYA LIBUR ?

Oleh : Santi Parwati
(Suara Bebas Mahasiswa dalam Buletin Messi-Gombal)

Tahun 2014 adalah tahun dimana pada saat ini STAIN Jember akan beralih status menjadi IAIN Raden Paku Jember, upaya tersebut untuk menjadi IAIN tidaklah mudah, banyak hal yang telah di lakukan oleh Kepala STAIN sendiri dalam perubahan statusnya. Tapi,saat ini  apakah STAIN sudah pantas memperoleh gelar IAIN ? Sedangkan pada tahun ajaran baru kali ini,  hari Sabtu yang seharusnya libur malah ada kuliah, sampai-sampai ada beberapa Prodi di jurusan Tarbiyah kuliah full dari hari senin hingga sabtu. Efektifkah hal tersebut ?.
Pada sejatinya untuk menjadi IAIN itu minimal di dalam kampus tersebut dihuni oleh 4 ribu mahasiswa dari semua jurusan dan tidak hanya itu, pengalihan status itupun haruslah bersyarat memiliki minimal 12 program studi. Berkenaan dengan syarat tersebut STAIN Jember sudah memenuhinya. Berkaca dari hal ini, efeknya adalah karna terlalu banyaknya jumlah mahasiswa di STAIN Jember yang berakibat adanya kuliah pada hari sabtu. Ada beberapa mahasiswa di jurusan Tarbiyah yang prodi dan kelasnya pun berbeda-beda serta dari semester 1, semester 3 ataupun semester 5 berkeluhan mengalami efek dari kuantitas mahasiswa yang membludak di karenakan kurang tersedianya ruang kelas, mungkin itulah kendalanya. Banyaknya mahasiswa yang ditampung sehingga berakibat kurangnya wadah “penampungan” untuk mahasiswa kuliah. Terdengar pula kabar bahwa STAIN Jember akan merencanakan penambahan 36 ruang kelas lagi, tapi belum ada kepastian akan berita ini karna fakta di lapangan saja proses pembangunan di gedung Babussalam belum terampungkan. Apakah mungkin pembangunan tersebut akan di lendingkan setelah peralihan status STAIN menjadi IAIN ? lalu kapankah status tersebut bisa dicapai ?.
Kuliah pada hari sabtu mungkin suatu gebrakan baru di kampus kita, ada yang menerima dan ada juga yang tidak. Sebagian mahasiswa menerima jadwal kuliah pada hari sabtu ini karna pada hari-hari lain selain hari minggu, seperti hari senin, selasa, rabu, kamis, atau pun pada hari jum’atnya libur. Sedangkan bagi mereka yang tidak menerima dengan jadwal kuliah hari sabtu karna mereka bernasib mempunyai jadwal kuliah full dari hari senin hingga hari sabtu. Terdengar sangatlah kurang efektif dengan jadwal kuliah pada umumnya yang aktif dari hari senin hingga jum’at saja. Dengan demikian tidak jauh beda dengan jadwal sekolah pada anak SMA.
“Mencerdaskan kehidupan bangsa” merupakan tujuan bangsa yang mulia, yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945, baik dalam UUD 1945 yang belum ataupun yang telah diamandemen. Formula apakah yang jitu untuk bangsa ini dalam mencerdaskan para kaula mudanya terutama Penggebrak Perubahan dan Pelopor Kesejahteraan ? inilah tantangan bagi kita Para Mahasiswa, berjihadlah dengan ilmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PESAN ISTIQOMAH

Apakah TUHAN Benar-benar Ada? (3 Pertanyaan, 1 Jawaban) Ada seorang pemuda yang lama sekolah di luar negeri, ia telah kembali ke tana...